KEEFEKTIFAN BUKU CERITA ANAK “KANGURU HEWAN BERKANTUNG DARI AUSTRALIA” UNTUK BALITA

Authors

  • Qurratul Aini Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v13i2.2769

Keywords:

buku cerita anak, naratif, struktur, tekstur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan buku cerita anak yang berjudul “Kanguru Hewan Berkantung dari Australia”. Teks cerita dianalisis dengan dua aspek yaitu struktur dan tekstur teks. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah buku cerita yang berjudul “Kanguru Hewan Berkantung dari Australia”. Data penelitian berupa kalimat dan kata dalam teks cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita ini sangat efektif untuk anak-anak, khususnya balita berdasarkan beberapa hal, yaitu; teks memiliki struktur yang bagus, penggunaan kalimat sederhana, dan pemilihan kosakata yang tepat serta mudah.

References

Alfayyad, Arfan. 2016. Kanguru Hewan Berkantung dari Australia. Lini Gurita, Penerbit Zikrul Hakim (Anggota IKAPI). Jakarta.

Djatmika, dkk. 2011. “Strategi Meningkatkan Kualitas Olah Bahasa Untuk Cerita Pendek Siswa Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Genre-Based”. LiNGUA. Vol. 6, No. 2. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Djatmika & Wibowo, Agus Hari. 2016. Indonesia Language Quality of Stories Written by Indonesia Children Authors. dalam International Seminar Prasasti III: Current Research in Linguistics. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Gie, The Liang. 1995. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Liberty. Yogyakarta.

Hastuti, dkk. 1993. Pendidikan Bahasa Indonesia. FBS UNY. Yogyakarta.

Hayyu, Yasmin Aulia. 2008. Analisis Narasi yang Ditulis oleh Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri. Universitas Indonesia. Depok.

Izzati, Novia. 2019. “Grammatical Intricacy Dalam Cerita Pendek Karya Penulis Anak Indonesia”. LiNGUA. Vol. 14, No. 1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Subroto, E. 2013. Pemerian Morfologi Bahasa Indonesia. Media Perkasa. Yogyakarta.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press. Yogyakarta.

Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia. PT. Gramedia. Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-21

Issue

Section

Articles