Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir

Authors

  • Masduki IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4112

Keywords:

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Sekolah | Principal’s Leadership Strategy, School Quality Improvement

Abstract

Kepemimpinan merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Banyak kepala sekolah yang kurang maksimal menjalankan tugas dan fungsi kepemimpinannya, sehingga menjadi kendala dalam peningkatan mutu sekolah. Kepala sekolah menjadi tolak ukur keberhasilan mutu sekolah karena kepala sekolah adalah orang yang dapat mengatur dan mempengaruhi anggota sekolah untuk menjalankan tugasnya dengan baik, maka kepala sekolah harus memiliki strategi yang baik dan tepat agar dapat meningkatkan mutu sekolah sesuai dengan standar pendidikan nasional sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan SDUM Patrol memiliki beberapa program kebijakan mutu sekolah, yaitu 1) meningkatkan kompetensi guru melalui seminar; 2) kebijakan tata tertib; 3) kebijakan bimbingan belajar dan menghafal Al-Qur’an; 4) kebijakan bimbingan ekstrakulikuler. SDIT Al-Ishlah Sudimampir juga memiliki kebijakan mutu, yaitu: 1) peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan; 2) kebijakan program tata tertib; 3) penerapan hasil metode belajar; 4) kebijakan program jam tambahan bagi siswa berkebutuhan khusus. Penerapan mutu di sekolah SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir juga sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Adapun strategi yang digunakan kepala sekolah SDUM Patrol, yaitu 1) meningkatkan kompetensi guru; (2) meningkatkan sarana dan prasarana; (3) melakukan pembinaan kerohanian kepada guru; (4) meningkatkan kesejahteraan guru; (5) menyusun program unggulan sekolah. Sedangkan strategi yang di lakukan kepala sekolah SDIT Al-Ishlah Sudimampir, yaitu 1) melengkapi sarana dan prasarana sekolah; (2) ekstrakulikuler sekolah; (3) mengikuti lomba-lomba; (5) mengadakan belajar tambahan; (6) membuat program unggulan sekolah.

References

Akbarjono, Ali. “Konsep Mutu dalam Perspektif Konsumen Pendidikan,” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 13, no. 1 (Januari 2014).

Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Barlian, Ikbal. Manajemen Berbasis Sekolah (Menuju Sekolah Berprestasi). Jakarta: Er-langga, 2013.

CIRR ICD. Capacity Building for Local NGOs: A Guidance Manual for Good Practice. London: Catholic Institute for International Relation, 2005.

Danim, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.

Irawan, Prasetya. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Gramedia, 1994.

Juddy, Farrah. Best Practice: Strategic Planning. Arlington Blvd: Foundation for Commu-nity Association Research, 2014.

Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mulyati, Ariadna. “Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan,” El-Idarah: Jurnal Mana-jemen Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 2.

Nurkolis, Nurkolis. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo, 2005.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia, 2016.

Sallis, E. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Terjemahan Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSod, 2012.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page, 2002.

Sergiovanni, Thomas J. The Principalchip A Reflective Practice Perspective, Fifth Edition. Boston: Pearson, 2006.

Soetopo, Soetopo. Manajemen Berbasis Sekolah dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bun-ga Rampai Pokok Pikiran Pembaharuan Pendidikan di Indonesia). Malang: FIP UM 2009.

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suharjo, Suharjo. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Umiarso, Umiarso, dan Imam Gozali. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidi-kan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.

Widiansyah, Apriyanti. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDIT Insani Islamia Bekasi,” Cakrawala XVIII, no. 1 (Maret 2018): 26.

Wildan Zulkarnain, Dinamika Kelompok (Latihan Kepemimpinan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Masduki. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 176–188. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4112