Analysis of Government Policy on Education: Korelasi Tingkat Ekonomi Keluarga dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Yayuk Sri Wahyuni MAN 1 Model Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v3i1.987

Kata Kunci:

family economics, motivation, learning achievement.

Abstrak

The study of this study attempts to reveal the achievement motivation, which is a genuine effort from a person to achieve a goal, whether he likes it or not likes to try to make it to be liked. With the motivation can also be an encouragement for students to play an active role in the learning process, so that students who have high motivation then can easily capture the material presented by the teacher, thus will affect the achievement in learning. Motivation is every activity undertaken by someone who is driven by a power from within a person, and a strong motivation to make someone able to work extra hard to achieve goals. Students who do not have the motivation to learn hard to do learning activities. This research is fruitful, that the study; the varying socioeconomic status of parents affects the students' learning motivation differently. This shows a significant influence between the socioeconomic status of parents and achievement motivation on student achievement.

Referensi

Danim, Sudarwan. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Departemen Agama RI. Motivasi dan Etos Kerja (Proyek Pembibitan Calon Tenaga Kependidikan Biro Kepegawaian Setjen Depag RI, Jakarta, 2004).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 2004.

Dwija, I Wayan. “Hubungan antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas Ii Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 41, no. 1 (Januari 2008).

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Koentjaraningrat. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat, 2002.

Halim, M. Nipan Abdul. Anak Saleh Dambaan Keluarga. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003.

Mashari, Fauziah dan Anna Qomariana. “Perspektif Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Pendidikan Karakter dan Kaitannya dengan Pendidikan Islam.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (Juni 2016).

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Rahayu, Wening Patmi. “Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 18, no. 1 (April 2011).

Sutaryadi. Admistrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 2003.

Tim MKDK. Ilmu Pendidikan. Surabaya: University Press IKIP Surabaya, 1988.

Thohiri, M. Kholid. “Relasi Antara Pikiran dan Tindakan Politik dalam Konteks Pendidikan: Perbandingan Paradigma Islam dan Barat.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 2 (Juni 2017).

Yusuf, A. Muri. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

Wahyuni, Y. S. (2017). Analysis of Government Policy on Education: Korelasi Tingkat Ekonomi Keluarga dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(1), 103–121. https://doi.org/10.26594/dirasat.v3i1.987

Terbitan

Bagian

Artikel