PENGARUH LATIHAN ROM AKTIF TERHADAP KEAKTIFAN FISIK PADA LANSIA DI DUSUN KARANG TEMPLEK DESA ANDONGSARI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Junaidi Imron Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Susi Wahyuning Asih Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

ABSTRAK
Introduksi : Usia lanjut adalah suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai usia panjang. Latihan ROM aktif pada lansia yaitu untuk membimbing lansia dalam melaksanakan pergerakan secara mandiri sesuai dengan rentang gerak sendi normal. Keaktifan fisik adalah Setiap gerakan tubuh yang untuk melakukannya memerlukan tenaga yang cukup dan masih aktif dalam kegiatan fisik setiap hari seperti melakukan olah raga,,dan aktif dalam memenuhi kebutuhan setiap harinya.
Metode : Populasi penelitian ini adalah lansia yang mengalami gangguan keaktifan fisik yang berada pada kelompok lansia Nusa Indah 02 di dusun Karang Templek desa Andongsari kecamatan Ambulu dengan jumlah populasi 70 lansia Desain pada penelitian ini adalah (quasy-experiment). dengan menggunakan pre test and post test with control design, sampel yang di ambil 30 sampel secara purposive sampling.
Hasil : Hasil penelitian post-test kelompok perlakuan 12 orang (80,0%) kategori

Author Biographies

Junaidi Imron, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Susi Wahyuning Asih, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Downloads

Published

2015-04-01