GAMBARAN HEMORAGIC POST PARTUM PADA IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN ANEMIA DI RUANG PONEK RSUD KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Nurul Hikmah Prodi. D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinngi Darul
  • Dian Puspita Yani Prodi. D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinngi Darul

Abstract


Perdarahan postpartum adalah perdarahan lebih dari 500cc yang terjadi setelah bayi lahir pervaginam atau lebih dari 500-600 ml setelah prsalinan abdominal, jumlah perdarahan disebutkan sebagai perdarahan yang lebih dari normal. Akan tetapi kehilangan darah sekalipun dengan jumlah yang lebih kecil dapat menimbulkan akibat yang berbahaya pada wanita yang anemis. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran hemoragic postpartum pada ibu bersalin dengan kejadian anemia di Ruang Ponek RSUD Kabupaten Jombang tahun 2014.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 sampai 15 maret 2014 di ruang ponek RSUD kabupaten Jombang, data ini menggunakan data sekunder yang diambil pada bulan januari-februari terdapat populasi sebanyak 352 ibu bersalin jumlah sampel sebayak 42 ibu bersalin, Pada penelitian ini menggunakan Simple Random Samplingdimana penelitian ini terdapat satu variabel yaitu gambaran hemoragic postpartum dengan kejadian anemia. Analisa yang di gunakan adalah Univariat, yaitu menganalisis tiap-tiap variebel penelitian yang ada secara deskriptif
Hasil penelitian didapatkan ibu bersalin yang mengalami hemoragic postpartum sebanyak 23 responden (55%) dan yang mengalami hemoragic postpartum dengan anemia sebanyak 21 responden (50%),yg tdk anemia sebanyak 2 responden (9,5)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ibu bersalin yang mengalami HPP sebagian besar 23 responden dan yang mengalami HPP dengan anemia sebagian besar 21 responden disebabkan krena sebagian besar responden adalah multipara dan dari hasil penelitian ada hubungan antara HPP pada ibu bersalin dengan kejadian anemia di RSUD Kabupaten Jombang.
Kata Kunci : Perdarahan Postpartum, Persalinan, Kejadian Anemia

ABSTRACT

Postpartum hemorrhage is bleeding more than 500cc happens after the baby is born vaginally or more than 500-600 ml after abdominal prsalinan, the amount of bleeding is mentioned as bleeding more than normal. However, blood loss even with smaller amounts can cause harmful effects in women are anemic. The purpose of research to describe the maternal postpartum hemoragic with anemia in Room Ponek Jombang General Hospital in 2014.
This research was conducted on 12 to 15 March 2014 in the room ponek Jombang district, this data using secondary data taken in January-February there is a population of 352 maternal sample number sebayak 42 maternal, In this study, using Simple Random Samplingdimana research These are the variables that postpartum hemoragic picture with anemia. The analysis used is Univariate, which analyzes each variebel existing research descriptively
The result showed mothers who suffered postpartum hemoragic as many as 23 respondents (55%) and who experienced postpartum anemia hemoragic many as 21 respondents (50%), anemia paddling as much as 2 respondents (9.5)
The conclusion from this study is mothers who have HPP majority of 23 respondents and those with HPP with anemia majority of 21 respondents caused krena most respondents are multiparous and the results of research there is a relationship between the HPP at birth mothers with anemia in hospitals Jombang.

Keywords: Postpartum Hemorrhage, Childbirth, Genesis Anemia

Author Biographies

Nurul Hikmah, Prodi. D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinngi Darul

Prodi. D-III Kebidanan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Pesantren Tinngi Darul

Dian Puspita Yani, Prodi. D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinngi Darul

Prodi. D-III Kebidanan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Pesantren Tinngi Darul

Downloads

Published

2015-09-01