PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (Studi Tindakan kelas XI TKJ.1 SMK TELKOM Darul Ulum Jombang)

Penulis

  • Sumargono - Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA UNIPDU Jombang

Abstrak

Abstrak

Penerapan Strategi  FIRE-UP berlangsung enam langkah yaitu: (1) Fondation, (2) Inteke Information, (3) Real Meaning, (4) Express Your knowledge, (5) Use available, (6) Plan of Action. Enam langkah tersebut sebagai informasi kunci untuk pencarian dan penggalian pengetahuan sebagai dasar pengetahuan secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas yang pada mulanya berpusat pada guru, akan beralih berpusat kepada siswa. Dengan penerapan strategi FIRE-UP pembelajaran  akan berlangsung PAKEM. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Untuk pelaksanaan tindakan kelas dilakukan oleh guru sendiri yang selanjutnya disebut sebagai guru matematika kelas XI TKJ.1 SMK TELKOM Darul Ulum Jombang, sedangkan peneliti bertindak sebagai pengamat, dan yang menjadi subjek dan obyek dalam penelitian ini adalah siswa. Tindakan kelas yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi FIRE-UP pada materi pokok fungsi dan persamaan kuadrat untuk meningkatkan keaktifan belajar  siswa  secara PAKEM

Data yang sudah diperoleh melalui lembar pengamatan  kemudian dianalisis, teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Kata kunci : aktifitas siswa, strategi FIRE-UP, Pembelajaran PAKEM

Abstract

The implementation of the Strategy is FIRE-UP lasts six steps, namely: (1), (2) Fondation Inteke (3) Information, Real Meaning, (4) Express Your knowledge, (5) Use available, (6) Plan of Action. Six steps such as key information for search and excavation of knowledge as the basis for knowledge in cognitive, affective and psychomotor. The research is expected to improve the learning process in the classroom that initially centered on the teacher, will switch to student centered. With the application of FIRE-UP strategy learning will take place. The form of this research is a research collaborative class action. For the implementation of the actions carried out by its own class teachers are hereafter referred to as teacher of mathematics class XI TKJ. 1 SMK TELKOM Darul Ulum Jombang, whereas researchers acting as observers, and the subject and object in this research are students. Class act perpetrated in this research is the application of FIRE-UP strategy on the material points of functions and quadratic equations to improve student learning in PAKEM liveliness Data is already obtained through observation sheets are then analyzed, analysis techniques using descriptive statistics analysis.

Keywords: Student activities, FIRE-UP strategy, PAKEM Learning

Biografi Penulis

Sumargono -, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA UNIPDU Jombang

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA UNIPDU Jombang

Diterbitkan

2012-05-01