Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Model Pembelajaran ICM, CRH dan Curiosity

Penulis

  • Lusi Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Achi Rinaldi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhamad Syazali Universitas Pertahanan
  • Kenny Candra Pradana Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i2.2463

Kata Kunci:

Course Review Horay, Index Card Match, Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Rasa Ingin Tahu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui interaksi antara Model Pembelajaran Index Card Match (ICM), model pembelajaran Course Review Horay (CRH), Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa, dan 2) mengungkap perbedaan kemampuan konsep matematis siswa berdasarkan tingkat rasa ingin tahu siswa (Curiosity). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode Quasy Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bunga Mayang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik acak kelas (cluster random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji Anava dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang diberi model pembelajaran ICM, model Pembelajaran CRH dan model pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan antara peserta didik dengan curiosity tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan curiosity terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis; dan yang terakhir 4) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mempunyai curiosity tinggi, sedang dan rendah.

Biografi Penulis

Kenny Candra Pradana, Universitas Lampung

Magister Pendidikan Matematika

Referensi

Aar Marwati, Romdanih, & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Menghitung Keliling dan Luas Segitiga melalui Model Pembelajaran Index Card Match. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 235–243. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/645

Afrilia, M., & Jamaan, E. Z. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 9(3), 59–63. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4389

Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Arjuniwati. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/197

Artaniaa, D. R., Masykurb, R., & Andrianic, S. (2021). Dampak Rotating Trio Exchange Dan Curiosity Terhadap Pemahaman Konsep. AdMathEdu, 11(2), 137–148. https://media.neliti.com/media/publications/363813-dampak-rotating-trio-exchange-dan-curios-3d4ba4d5.pdf

Astuti, N. M. M. A., Ardana, I. kKtut, & Putra, M. (2019). Pengnaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengnetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 319–328.

Damanik, R. N., & Hasibuan, E. K. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Pendekatan Active Learning Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Pendidikan & Matematika, VIII(1), 1–13.

Dewi, N. P., Lasmawan, I., & Gunamantha, I. . (2019). Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa. PENDASI?: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 52–61.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Erman, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

Fadillah, L., Kartono, & Supriyadi. (2019). Peran Tutor Feedback dalam Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 533–539. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fiani, R., Sudargo, & Kusumaningsih, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran ATI Dan CRH Menggunakan Strategi Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 388–396. https://repository.usd.ac.id/41056/1/7455_meningitis.pdf

Fua, J. La, Zuhari, & Arifin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 1Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36–54.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Hartiningrum, E. S. N., & Ula, N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159

Henita, H., Mashuri, M., & Margana, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. PRISMA, 2, 79–83.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Insani, S. U. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X MIA 2 MAN Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1161–1171.

Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970

Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 37. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3150

Khairunnisa, & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.

Khodijah, I., Sahrodi, J., Handoko, H., & Matematika, J. T. (2018). Penerapan Model Paikem Melalui Pendekatan Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Int?gral, 9(2), 25–36.

Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam

Melliana, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Menggunakan Bahan Ajar Desain Didaktis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. UIN Raden Intan Lampung.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Oktiani, M., & Nugroho, O. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICM Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 43–53.

Permanasari, L., Pradana, K. C., Payung, D., Lampung, K. B., Sang, U., Ruwa, B., Matematika, H. B., & Pembelajaran, M. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp The Influence Of Active Knowledge Sharing Learning Model On Mathematics Learning Outcomes Of Junior. 01(01), 1–7.

Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan Pemahaman Matematika Bagi Anak-Anak Melalui Pemberdayaan Media Belajar Ular Tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 17–21.

Prihastoto, R., Ashadi, A., & Haryono, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning CYCLE 5E Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras. 8(1), 110–115.

Putri, D. A., Istihana, I., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan Modul Desain Didaktis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 64. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1652

Rahmawati, Y., Pradana, K. C., Novalia, Rinaldi, A., & Syazali, M. (2021). Curiosity and creative characters: The impact on students’ munerical ability. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 231–246. https://doi.org/10.24042/djm

Salsabila, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Di SMKN 3 Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37. https://doi.org/10.31941/delta.v7i1.922

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–244. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv11n1_9

Sarniah, S., Anwar, C., & Yunian Putra, R. W. (2019). Pengaruh Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96.

Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. PRISMA, 1, 954–962.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46–48.

Solekhah, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(3), 117–122.

Subarianto, Ikhsan, M., & Munzir, S. (2019). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 7(1), 127–135.

Sugiarto, D. H., Suryadi, B. ., S, A. N. C., & Paerah, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(1), 24–30.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wijaya, T. U. U., Destiniar, & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 53(9), 431–435. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/1910/1723

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 347–352.

Diterbitkan

2023-04-14