Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Eka Damayanti Universitas Negeri Malang
  • Susiswo Susiswo Universitas Negeri Malang
  • Cholis Sa’dijah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam dua siklus dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MM SMK Negeri Puspo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian (verifikasi), dan penarikan kesimpulan. Dari penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran diperoleh peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata hasil belajar dari 73,28 ke 80,16 dan ketuntasan belajar dari 62,5 % ke 87,5%.

References

Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20

Anam, M. C., Muzanni, A., & Mujiburrahman, M. (2020). Learning effectiveness of guided science to improve student learning outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 369. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27985

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual powtoon pada pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/2084/1146

Arifani, Y. (2016). The implementation of team-based discovery learning to improve students’ ability in writing research proposal. International Education Studies, 9(2), 111–119. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p111

Asdiati, T., & Agusfianuddin. (2015). Penerapan discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar ruang dimensi tiga pada siswa SMAN 8 Mataram. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM,” 3(1), 25–30.

Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided discovery learning dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 891–896.

Atiyah, U., Miarsyah, M., & Sigit, D. V. (2020). The effect of using e-learning based guided discovery learning model based on self-efficacy towards student learning outcomes in biology class in reproductive system subject in high school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 789–796.

Bravo, E., Amante, B., Simo, P., Enache, M., & Fernandez, V. (2011). Video as a new teaching tool to increase student motivation. 2011 IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON 2011, May, 638–642. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2011.5773205

Carmichael, M., Reid, A.-K., & Karpicke, J. D. (2018). Assessing the impact of educational video on student engagement, critical thinking and learning: the current state of play. A SAGE White Paper Www.Sagepublishing.Com. https://us.sagepub.com/sites/default/files/hevideolearning.pdf

Darmawan, E. W., & Suparman, S. (2019). Design of mathematics learning media based on discovery learning to improve problem solving ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20–28. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7564

Darmawan, F. A., Purnawan, & Sukandar, A. (2019). Penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada materi proyeksi ortogonal. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 245–250.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar ipa melalui model discovery learning siswa kelas IV SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordyana, M. A. (2018). efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran front office di kelas XI akomodasi. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(September), 688–698.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning

using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media video siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 63–73. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14

Kemendikbud. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID-19).

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. https://media.neliti.com/media/publications/292801-studi-meta-analisis-pengaruh-video-pembe-7bf17271.pdf

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif? (studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029

Kusumaningrum, Y., & Indarini, E. (2020). The effectiveness of discovery learning and problem solving learning model on mathematical problem solving skills of class IV primary school. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2), 435–444.

Lalian, O. N. (2018). The effects of using video media in mathematics learning on students’ cognitive and affective aspects. AIP Conference Proceedings 2019, 030011(2018). https://doi.org/10.1063/1.5061864

Maarif, S. (2016). Improving junior high school students’ mathematical analogical ability using discovery learning method. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 114–124. https://doi.org/10.21890/ijres.56842

Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of student learning outcomes through video learning media with powerpoint. International Journal of Educational Research Review, April, 63–69. https://doi.org/10.24331/ijere.517997

Muktamir. (2017). Video as teaching media to improve students’ motivation in learning english for the eleventh grade of IPS 2 MA Negeri Rengel Tuban. Jurnal Edutama, 19–30.

Muslihudin, A. (2019). Implementasi model discovery learning berbantuan video dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86.

Nasution, S. H., Anwar, L., Sudirman, & Susiswo. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk mendukung kemampuan penalaran spasial siswa pada topik dimensi tiga kelas X. Jurnal KIP (Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), IV(2), 903–913. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/66

Nurahman, A., Widodo, Ishafit, & Saulon, B. O. (2018). The development of worksheet based on guided discovery learning method helped by phet simulations interactive media in newton’s laws of motion to improve learning outcomes and interest of vocational education 10th grade students. Indonesian Review of Physics, 1(2), 37–41.

https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.776

Prabowo, S. A., Sumarmi, & Sa’dijah, C. (2019). Pengembangan multimedia interaktif aksara jawa untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(8), 998–1007.

Prasetyo, E., Susiswo, & Hidayanto, E. (2019). Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan savi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Gajah Mada Banyuwangi. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 95–99. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm%0A

Prastitasari, H., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2018). Pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1599–1605. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12554

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.

Putra, I. G. D., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Hasil belajar ips menggunakan kolaborasi model discovery learning berbasis media animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Rahman, M. H. (2017). Using discovery learning to encourage creative thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98

Raihanah, S., Susilowati, E., & Salam, A. (2019). Increasing students’ activity and learning outcome used guided discovery model assisted by PhET. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 123–133. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.6406

Salmina, M., & Mustafa. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi dimensi tiga dengan bantuan video pembelajaran. Jurnal Numeracy, 6(2), 247–254. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/482

Susanto, H., Sa’dijah, C., & Gipayana, M. (2017). Pengaruh penggunaan metode guided inquiry dan gaya berpikir terhadap hasil belajar kognitif kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1202–1211. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9942

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia melalui penerapan model discovery learning dan media video dalam kondisi pandemi covid-19 bagi siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210–215. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index%0AJuli

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas model guided discovery learning untuk video pembelajaran dalam mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267–275.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Wulandari, I. G. A. P. A., Sa’dijah, C., As’ari, A. R., & Rahardjo, S. (2018).

Modified guided discovery model : a conceptual framework for designing learning model using guided discovery to promote student’s analytical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012153

Yusminar. (2019). Stimulasi video untuk bermain peran dan diskusi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Dewantara, VIII, 199–214.

Zauma, F. F., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2019). The effectiveness of discovery learning model using audio-visual media. Journal of Primary Education, 8(7), 32–38.

Zukhrufurrohmah, Sa’dijah, C., & Muksar, M. (2017). Pengembangan bahan ajar bercirikan penemuan terbimbing dan berbantuan aplikasi pada materi untuk kelas x smk. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 137–143.

Downloads

Published

2022-03-26