The Profil Berpikir Relasional Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Penulis

  • Mia Saskia Unesa
  • I Ketut Budayasa
  • Manuharawati Manuharawati

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3930

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematika. Dalam penelitian kualitatif ini teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII-G SMPN 1 Taman berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi dengan gender yang sama. Langkah pemecahan masalah menggunakan tahapan pemecahan masalah Polya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika sedang dan tinggi berpikir relasional hingga tahap memeriksa kembali, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah terbatas hingga tahap melaksanakan rencana penyelesaian. Subjek penelitian menggunakan pengetahuan sebelumnya terkait aljabar, khususnya persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel untuk membangun relasi antara informasi dalam masalah dengan strategi penyelesaian.

Diterbitkan

2023-04-15