The Profil Berpikir Relasional Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3930Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMP dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematika. Dalam penelitian kualitatif ini teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII-G SMPN 1 Taman berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi dengan gender yang sama. Langkah pemecahan masalah menggunakan tahapan pemecahan masalah Polya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika sedang dan tinggi berpikir relasional hingga tahap memeriksa kembali, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah terbatas hingga tahap melaksanakan rencana penyelesaian. Subjek penelitian menggunakan pengetahuan sebelumnya terkait aljabar, khususnya persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel untuk membangun relasi antara informasi dalam masalah dengan strategi penyelesaian.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh informasi dan isi artikel dalam JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika bebas untuk dibaca, diunduh, dicetak, diperbanyak, atau dibagikan dengan berbagai tujuan legal.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).