Boarding School Sebagai Solusi Penguatan Karakter Religius Siswa

Penulis

  • Ikhsan Setiawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kata Kunci:

Boarding School, Penguatan Karakter, Religius.

Abstrak

Karakater religius dalam era globalisasi menjadi lebih sulit untuk diwujudkan. Era ini memiliki dampak positif tapi tidak lepas dari dampak negative juga. Dunia Pendidikan Islam dituntut untuk menanamkan karakter religius pada setiap siswa, salah satu alternatif yang ditawarkan dunia Pendidikan yaitu dengan Pendidikan system boarding, yang merupakan tradisi Pendidikan di Indonesia sejak zaman dulu melalui pesantren. Manajemen pendidikan di asrama SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, pada (a) manajemen kurikulum, yang meliputi: struktur kurikulum, pembagian jam dan alokasi waktu (b) manajemen sarana dan prasarana yang bmeliputi: standar kelayakan sarana dan prasarana pada asrama, pengelolaan bangunan dan fasilitas penunjang (c) manajemen sumber daya manusia yang meliputi proses rekruitmen pengelola asrama, struktur organisasi pengeloa yang harus bertanggung jawab kepada kepala sekolah SMA IT Abu Bakar Yogyakarta (d) Manajemen peserta didik yang meliputi; perencanaan penerimaan, aturan sebagai upaya pembiasaan agar terbentuk karakter religius siswa.

Referensi

Abdul, H. A & Mubarok, Metodologi Studi Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2004.

B, Agus, Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

D, Ancok & Suroso, Psikologi Islami ; Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Iplih, Muhammad , Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islami di Pondok Pesantren Al-Mumtaz Islamic Berbasis Enterpreneur dan Tahfidz, Tesis pada Program Magister Pendidikan Islam UIN Suka, Yogyakarta, 2016.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta : PT. Grafindo Persada,2008

Maksudin, Pendidikan Nilai Boarding School di SMPIT Yogyakarta, Disertasi UINSunan Kalijaga, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Manab, Abdul , Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah: Pemetaan Pengajaran , Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2015.

Mohamad, Ali, Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah, Jakarta: AlWasat Publishing House. 2010.

Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju DemokratisasiInstitusi, Jakarta: Erlangga, Triantono Safarina, Spiritual Intellegence; Metode pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007

Mujayanah, Siti, Sistem Fullday School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta,” Tesis Pada Program Magister Pendidikan Islam UIN Suka, 2016.

Mulyasa, E, Manajemen Berbasais Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet V, 2003.

Nata, Abuddin , Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Ningsih, Sulandari, Hubungan Pelaksanaan Fullday School dan Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Pada Siswa Kelas XI MAN I Surakarta Tahun 2016/2017,Vol.2, No.2, Desember 2016.

Parti, Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa, Skripsi.Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Shaleh, Abdul Rachmad, Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi,Misi, dan Aksi, Jakarta:PT Gemawindo Panca Perkasa, 2000.

Sukur Basuki, Harus Proporsional sesuai Jenis dan Jenjang Sekolah,(http://www.strkN1lmj.sch.id/?diakses tanggal 9 Maret 2017

Sulistyorini,dan Muhammmad Fathurrohman, Esensi Manajemen Pendidikan Islam: Pengelolaan lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, Yoyakarta: Teras, 2014.

Tinjauan Umum Tentang Boarding School dan Pendidikan Karakter”. http://repository.iainpekalongan.ac.id. Diakses tanggal 08 Juni 2017

Umar, Tirtarahardja, dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 3, Bab II Dasar, Fungsi, Tujuan.

Visi, Misi, dan Tujuan Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Tahun 2015-2019.

Wahid, Ir. Salahudin, Ilmu Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer: Reorientasi makna Pendidikan Pesantren Bagi Pembentukan Karakter Keilmuan dan Keislaman Santri, Malang: UIJN Malang Press, 2009.

Wahono, Tri , Ini Alasan Mendikbud Usulkan "Fullday School”, dalam kompas 08 Agustus 2016.

Wiyani, Novan Ardy, dan Barnawi, Ilmu Pendidikan Islam: Rancang, Bangun, Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

www.repository.iainpekalongan.ac.id, diakses tanggal 09 Juni 2017.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel