Analisis Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Materi Zakat melalui Pembelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013

Penulis

  • Rizqa Ni’matul Abrar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tiya Cahyani Dewi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Widyaningrum Dewantari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Fatiya Rosyidah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kata Kunci:

Zakat Fitrah, Kemampuan Kognitif.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif pada peserta didik usia SD/MI dalam materi zakar fitrah dan ketentuanya. Dalam melakukan mini riset ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrument dari penelitian ini menggunakan pengisian angket berupa Googleform untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan kognitif dari responden. Peneliti memberi 10 soal kepada ressponden sebagai bentuk acuan untuk mengetahui seberapa paham mereka tentang materi zakat fitrah. Hasil dari penelitian ini, ditemukan kemampuan kognitif anak mengenai zakat fitrah sudah cukup baik, tetapi masih ada beberapa anak yang kurang memahami kata yang beristilah.

Referensi

Fiqiyah, Aizatul. “Analisis Hukum Islam Terhadap Pemberian Zakat Fitrah Kepada Guru Ngaji Yang Mendapat Bengkok Di Desa Ngelokulon Mijen Demak.” UIN Walisongo, 2016.

Habsyi (al), Husin. Kamus Al-Kautsar Lengkap, Arab-Indonesia. Yayasan Pesantren Islam, 1990.

Joni zulhendra. “331-Article Text-742-2-10-20181119.” TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT FITRAH DALAM BENTUK UANG 5 nomor 2, no. 1907–5820 (2017): 16.

Lexy J. Moleong, Dr. M.A. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya (2019).

Muhammad, Angki Aulia. “KESADARAN HUKUM MASYARAKAT KAMPUNG MAHMUD UNTUK MEMILIKI SERTIFIKAT ATAS HAK ULAYAT: Studi Kasus Di Kampung Adat Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung.” Universitas Pendidikan Indonesia (2013).

Rohmawati, Kiki Ayu. “Zakat Fitrah Di Lembaga Pendidikan Perspektif Mazhab Syafi’i Dan Mazhab Hanafi: Studi Komparasi Antara Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Desa Bandar Kedung Mulyo, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.

Sari, Tri Maniarta, and Ernawati Ernawati. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI).” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 4, no. 1 (2020): 79–85.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Uliyandari. “Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (Descriptive Research).” Skripsi (2014): Hlm 6-9.

Yohanes, Feri, and Sutriyono. “Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas Segiiga Bagi Siswa Kelas VIII.” Mitra Pendidikan 2, no. 1 (2018): 23–35.

Zuhayly (al), Wahbah. “Zakat Kajian Berbagai Mazhab.” Bandung: Remaja Rosdakarya (2008).

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel