Potensi Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional di Era Revolusi Industri 4.0

Penulis

  • Emi Cahyaningrum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Emielda Ayu Dewi Choirun Nisa’ Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Fery Diantoro Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Kata Kunci:

Pendidikan 4.0, Pendidikan Nasional, Pendidikan Islam.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memperlihatkan tentang konsep pendidikan 4.0 yang memiliki segala bentuk manfaat dan cara pandang baru terhadap pendidikan. Namun, tidak dapat dipungkiri dengan pesatnya perkembangan teknologi dan tawaran kemudahan yang diperoleh membawa problematika baru dalam pembentukan karakter penerus bangsa. Pendidikan Islam hadir sebagai salah satu bagian dari sistem pendidikan nasional yang memiliki potensi terhadap penguatan karakter generasi penerus bangsa. Kajian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan mengumpulkan data dari literatur terdahulu. Hasil dari kajian ini ialah pendidikan Islam memiliki potensi dalam upaya penguatan pendidikan karakter dalam pendidikan nasional. Hal tersebut terlihat dari hakikat, tujuan, dan fungsi Pendidikan Islam serta beberapa ayat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yang mengisyaratkan adanya pendidikan karakter.

Referensi

Ainiyah, Nur, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-Ulum Vol. 13 No. 1 (Juni 2013).

Anwar, Syaiful, “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 7, (November 2016).

Fuadi, Tuti Maryam, “Era Industri 4.0: Peran Guru dan Pendidikan”, Jurnal Abulyatama, Vol. 3 (2019).

Hamidi, “Metode penelitian kualitatif; Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian”, Jurnal pendidikan Islam vol 04 No 01 (2011).

Hendayani, Meti, “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 07, No. 02, (2019)

Jannah, Fathul, “Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional”, Dinamika Ilmu Vol. 13, No. 2, (Desember 2013).

Julaeha, Siti, “Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol 7, No 2, (2019)

Keriso, Banua Niha, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”, Jurnal Sundermann, (November 2019).

Ningsih, Tutuk, “Peran Pendidikan dalam Membentuk Siswa di Era Revolusi 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas”, Insania, Vol. 24 No. 2 (Juli-Desember 2019).

Pratama, Dian Arif Noor, “Tantangan Karakter 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim”, al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01 (Maret 2019).

Priatmoko, Sigit, “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0”, Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, No. 02 Vol. 01 (Juli 2018).

Priyanto, Adun, “Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”, Jurnal Pendidikan vol 6 (2010).

Qodijah, Siti, “Fungsi Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan volume 2 (November 2018).

Siddik, Hasbi, ”Hakikat Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan, vol 8 No 1, (April 2016).

Silfia, Mira, “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Medan Vol. 02, (2018).

Syafe’i, Imam, “Tujuan Pendidikan Islam”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, volume 6 (November 2015).

Wahyuningsih, Sri, Ashif Az Zafi, “Meningkatkan Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0”, Lera Vol. 01 (April 2020).

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel