Program Bimbingan Perilaku Etis di Pesantren

Penulis

  • Siti Rahmah Radiatul Mawah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie Al Kattani Wardi Universitas Ibn Khaldun Bogor

Kata Kunci:

Program Bimbingan, Perilaku Etis, Pesantren.

Abstrak

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah ada sejak dulu. Merupakan cikal bakal dari lahirnya konsep Pendidikan Islam. Sehingga pesantren saat itu dinilai mampu menjadi solusi bagi para orangtua untuk memberikan pengajaran dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan keislaman. Konsep pesantren ini masih dikategorikan sebagai konsep Pendidikan Islam tradisional, meski seiring berjalannya waktu berubah menjadi pesantren modern. Namun tetaplah, pesantren dinilai sebagai tempat yang tidak hanya mampu memberikan pendidikan dan pengajaran juga memberikan pembinaan kepada para santri. Saat alumni pesantren lulus meyelesaikan pendidikannya atau ketika keluar dari pesantren menjadi pribadi yang Islami sehingga mampu memberikan contoh dan manfaat pada umat. Untuk itulah tulisan ini hadir guna memaparkan bagaimana menciptakan program bimbingan yang ideal di dalam pesantren. Program yang terencana dan sesuai dengan nilai-nilai yang dianut berdasarkan etika kepesantrenan. Adapun tujuan penulisan dalam jurnal ini adalah untuk mengetahui program bimbingan perilaku etis yang ideal di pesantren, mengetahui komponen bimbingan dan teknik evaluasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam melakukan program bimbinngan perilaku etis di pesantren tersebut. Metode yang diambil dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, agar data yang diterima oleh peneliti baik data primer maupun sekunder dapat dianalisis secara lebih mendalam. Teknik pengumpulan  menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah terbentuknya program bimbingan perilaku etis yang ideal dan dapat diterapkan pada sistem pesantren. Program bimbingan ini dapat membantu pesantren melakukan pembinaan para santri agar selaras dengan semangat nilai-nilai luhur kepesantrenan yang bertabur adab dan budi pekerti nan mulia.

Referensi

Ramayulis, Mulyadi. Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta:Kalam Mulia, 2016.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.

Aamiin, Samsul Munir. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Arifin, Syamsul & Listiana Rahmawati. Parenting Ala Rasulullah (Mengasuh dan Mendidik Anak Berdasarkan Sunnah Nabi). Yogyakarta: Cemerlang Cet-1, 2020.

Alim, Ahmad. Bimbingan Konseling di Pesantren, Bina Pesantren Dewan dan Dakwah: Wawancara bersama Dr Ahmad Alim, https://www.youtube.com/playlist?list=PL35mtZJ99v1r9lMYYgEGX0NcRaamHwXP-

Krisdiyanto, Gatot, Muflikha, dkk. Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 15, No. 1, (2019).

Kusuma, Rudy Hadi, Mungin Eddy Wibowo, & Sutarno. “Pengembangan Model Konseling Kelompok Berbasis Nilai-nilai Pesantren untuk Meningkatkan Pengaturan Diri Santri”. UNNES: Jurnal Bimbingan Konseling, (2017).

Tanyid, Maidiantius. “ Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak pada Pendidikan”. Jurnal Jaffray, Vol. 12, No. 2, (2014).

Muhtaron. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Hilalliah. Kultur Pesantren Muqimus Sunnah dalam Rangka Membentuk Perilaku Islami Santri. Palembang: UIN Raden Fatah.

Ndraha, Takliziduhu. 2003. Budaya Organisasi, Jakarta: PT Rineka Cipta, (2015).

K, Bertens. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2000.

Sudjatnika, Tenny. Nilai-Nilai Karakter yang Membangun Peradaban Manusia. Jurnal al-Tsaqafa, Volume 14, No. 01, 2017.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA), Jakarta: KEMENDIKBUD Dierektorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016.

Sada, Heru Juabdin. 2018. Manusia dalam Perspektif Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7.

Kartika, Galuh Nashrullah MR. Perspektif Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam. Jurnal NALAR, Vol 1, No. 2, 2017.

Rahman, Fathur. 2009. Bimbingan dan Konseling Komprehensif; dari Paradigma Menuju Aksi. Disampaikan pada Workshop Penyusunan Program BK Komprehensif bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Kerjasama Prodi BK UNY dan PD ABKIN DIY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zaghlu>l, Mohammed al-Sa’i>d ibn Basyu>ni>. al-Mawsu>’a al-Kubra li At}ra>f al-H}adi>s al-Nabawi> al-Shari>f. Beirut: Dar al-Kutb al-Ilmiyyah, 2022.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel