Implementasi Model Pembelajaran Panel Berbasis Daring via Zoom pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus

Penulis

  • Ashif Az Zafi Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Ahmad Muazim Institut Agama Islam Negeri Kudus

Kata Kunci:

Zoom, Akidah Akhlak, Implementasi.

Abstrak

Penyebaran covid-19 yang terjadi di Indonesia, seluruh siswa MA NU Nurul Ulum  Jekulo Kudus menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. MA NU Nurul Ulum Salah Satu adalah Sekolah yang menerapkan pembelajaran panel  berbasis  Via Zoom. Zoom Cloud meeting merupakan salah satu media pembelajaran online yang sering digunakan di MA NU Nurul Ulum Efektivitas pembelajaran online sangat perlu diperhatikan agar siswa dapat memahami saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana Implementasi pembelajaran online mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan Via  Zoom di MA NU Nurul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada paradigma post positivisme.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online menggunakan Via  Zoom sudah efektif. Pembelajaran secara online mendapat tanggapan  baik dari siswa karena pembelajaran yang lebih fleksibel saat menggunakanya. Dengan adanya pembelajaran online menjadikan siswa lebih mandiri dan mendorong siswa harus lebih aktif dalam pembelaajaran. Selain itu, pemahaman dan penerimaan yang disampaikan dari guru dapat dirasakan oleh siswa.

Referensi

Abdul. Majid. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Agustin, N & wahyudi, D,. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensi Spiritual”. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam (2018).

AR Zahruddin. Pengantar Study Akhlak. Jakata: Raja Garfindo Persada, 2004.

Depag RI. Standar Isi MTS. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Jakarta, 2006.

Departemen Agama. Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat Menengah dan Sekolah Luar Biasa, 2013.

I Ketut Widara. Blanded Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital, SD Negeri 2 Poh Bergong. Purwadita.Vol. 2, No.2.

I. G. Ayu dan N. Budiasih. “Metode Grounded Theory dalam Riset Kualitatif”. J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, pp. 19—27, 2013.

J. Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Kunandar. Guru Profesional; implementasi Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007.

N. I. Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran”. J. Nusant. (IlmuPengetah. Sos). Vol. 1, No. 1, p. 3, (2016).

Naserly, Mursyid. K. Implementasi Zoom, Jurnal Aksara Public. 4 (2). Online. Diakses dari http://www.aksarapublic.com/index.php/home/article/donlod/417/402.

Niam, Khusnun, wawancara oleh Ahmad Muazim. IAIN Kudus. Tanggal 20 April 2021.

Purwadinata, WJS. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Ttp.

R. O, Elwanda. Pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial siswa kelas viii madrasah tsanawiyah (mts) persatuan ummat islam (pui) ciawigebang kabupaten kuningan. http://repository.syekhnurjati.ac.id/28 32 (2015).

S. Nurjati. 2014.“Bab II Pembelajaran Akidah Akhlak, Basis Humansitik, Pendekatan Active Learning”. pp. 39—104, 2002.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group, 1998.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel