Peran Teknologi dalam Pendidikan Islam

Penulis

  • Dwi Iryanta Prihartana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Pathur Rahman Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Siti Nafiah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Aliftiya Oktinawati Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Kata Kunci:

Ilmu, Teknologi, Pendidik, Solusi Alternatif

Abstrak

Teknologi merupakan fasilitas untuk menyelesaikan segala sesuatu. Teknologi sendiri memiliki beragam jenis misalnya teknologi pendidikan, teknologi informasi, teknologi keamanan dan lain-lain. Khusus dalam teknologi pendidikan, yaitu teknologi yang membahas segala sesuatu tentang teknologi dalam dunia pendidikan seperti bagaimana cara seorang guru menyampaikan suatu gagasan atau intinya menyampaikan sesuatu kepada peserta didik yang tujuannya adalah segala kegiatan yang dikelola digunakan oleh pengajar itu bisa terealisasikan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Selain itu, Teknologi merupakan solusi bagi seorang tenaga pendidik yaitu untuk mencari suatu cara atau alternatif dalam menyelesaikan atau menjalankan pekerjaannya sebagai seorang pendidik. Jadi artinya merupakan fasilitas bagi seorang pendidik. Peran teknologi dalam pendidikan sangatlah dibutuhkan karena pada dasarnya ilmu dalam Islam harus berpedoman pada prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam Alquran dan Hadis.

Referensi

Andri, RM. “PERAN DAN FUNGSI TEKNOLOGI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN”. Jurnal Ilmiah Research, Volume VOL. 3. NO. 1 (Februari), p. 123. 2017.

Arif, K. “TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DALAM PARADIGMA KONSTRUKTIVISTIK”. Jurnal Fikroh, Volume Vol 4 No. 2 (Januari 2011)

Darimi, I. “TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Volume Vol Nomor 2, (Oktober), p. 113, 2017

Daulae, TH. “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN KUALITAS PEMBELAJARAN”. Jurnal Darul Ilmi, Volume Vol. 02 No. 02 (Juli 2014).

Elihami., AS. “PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR”. Jurnal Pendidikan, Volume Vol. 01 No. 01 (April 2017).

Hisbuan, N. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN IMPLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN”. Volume Vol. 01 No. 2 (Juli – Desember), p. 190-191. 2015.

Jasmi, KA. “Pendidikan sebagai Medium Penerapan Islam dalam Sains dan Teknologi”. p. 3-4.

Salsabila, UH, dkk. “PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume Vol. 2 No. 1 (Januari), p. 133-134, 2021.

Sapada, AO., MA. “Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Pandangan Islam”.

Susanti, R. “TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PERANANNYA DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume Vol. 2 No. 2 (Juli 2013).

Yuberti. “PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA GLOBAL”. Rumah Jurnal IAIN Metro, Volume Vol. 20, No. 01 (Januari – Juni), p. 141. 2015.

Zuhairi, A., UR., S., A., RS. “Peran dan Kontribusi Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh dalam Membangun Karakter Bangsa”.(Juli), P. 7-8. 2010.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel