Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dan Media Jam Dinding Tajwid dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Penulis

  • Galuh Tisna Widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Umi Hasunah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Dira Dwi Kartika Sari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

CIRC, Media Jam Dinding Tajwid, Hasil Belajar, BTQ.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran mulok Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) di SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan sebanyak 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 1 siswa tuntas dengan rata-rata 42,86 dan prosentase ketuntasan 7,13 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 68,93 dengan prosestase ketuntasan 42,9 % dan siklus 2 meningkat dengan prosentase 100 % dengan rata-rata 90. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan.

Referensi

Amin, Alfauzam. Metode Pembelajaran Agama Islam .Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2015. Audie, Nurul. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol.2, No.1, 2019. Billi, Kristoforus Dowa. “Implementasi Metode Cooperati Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa” Jurnal Edukasi Sumba, Vol.3, No.01., 2019. Fauzan, Ahmad Hasyim. “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an” Jurnal Ar-risalah, Vol.XII, No.1, 2015. Halimah, Andi. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis di SD/MI. Jurnal Edukasi, Vol.03,No.05. Hutami ,Trapsila Siwi dan Hastuti Hastuti. “Keefektifan Metode CIRC, Role Playing, dan VCT dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS” Jurnal Pendidikan IPS, Vol.6,No.1, 2019. Indriyani, Fitri. “Rancangan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multi Media untuk Siswa Tingkat Dasar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Dta At-Taqwa” Jurnal computer dan informatika, Vol.XVII, No.2, 2015. Lestari, Yusni Eka. Penerapan Strategi React (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transfering) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar, Skripsi, 2016. Lestari,Indah. “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”, 2019. Mahananingtyas, Elsinor. “Prosiding Seminar Nasional Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia Wilayah IV” Jurnal Pedagogika, ISBN : 978-602-51434-0-3, 2017. Marsini. “Meningkatkan Kemampuan dalam Membaca dan Menulis Cepat Melalui Metode CIRC”, Jurnal Global Edukasi, Vol. 02,No. 01. Muslich, Masnur. Melaksanakan PTK Itu Mudah , Jakarta: PT Bumi Aksara. 2013. Prasetya, Tri Indra. “Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Magelang” Journal of Educational Research and Evaluation Vol.01, No.02, 2012. Rahardjo, M. “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif”, Jurnal Pendidikan, Vol.02, No.01, 2011. Sofyan Hadi. “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Prosiding, Vol.1,No.15, 2017. Sukardi. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.. Widiana, Galuh Tisna, Lestari, Marita Dwi. 2019. “Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 1, No. 2, 2013. Wulandari, Rini Susanti. “Metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memahami Karya Sastra” Jurnal Penelitian Pendidik., Vol.27,No.1, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-19

Terbitan

Bagian

Artikel