BAHASA JEPANG, PILIHAN MENUJU ENTREPRENEUR (JAPANESE, A CHOICE TO BE AN ENTREPRENEUR)

Main Article Content

Nurul Laili

Abstract

ABSTRAK

Kerjasama antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin lebih dari 50 tahun berhasil memberikan kontribusi positif bagi kedua negara. Jepang selain berkontribusi dalam pembangunan berbagai bidang di Indonesia seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, juga menjadi investor dan mitra dagang terbesar bagi Indonesia. Untuk semakin memperkuat kerjasama kedua negara tersebut, perundinganpun banyak dilakukan di kedua negara. Kerjasama akan semakin diperkuat melalui inovasi bersama para ahli di berbagai bidang guna mendukung pertumbuhan ekonomi ke depan dalam rangka memperluas dan meningkatkan hubungan kedua negara yang saling menguntungkan. Kondisi tersebut mendukung warga Indonesia untuk dapat menguasai bahasa asing (terutama bahasa Jepang) sebagai alat komunikasi dalam berbagai bidang mengingat bahasa Jepang sebagai bahasa asing ketiga di dunia Internasional. Besarnya pasar Indonesia, juga mempunyai daya tarik lain untuk investasi Jepang, antara lain ketersediaan tenaga kerja yang banyak, sikap rajin dan cepat tanggap dalam penguasaan teknologi, serta Indonesia dianggap sebagai negara paling ramah terhadap negara Jepang dibanding dengan negara lain di Asia. Hal ini pun menjadi faktor terkuat setiap mahasiswa di Indonesia untuk dapat menguasai bahasa Jepang sebagai entrepreneur menuju pasar global dunia.

Kata Kunci : entrepreneur, pilihan, kerjasama, investasi, menguasai


ABSTRACT

Cooperation between Indonesia and Japan which has existed for more than 50 years has contributed positively to both countries. Japan not only gives contribution to the development of various areas in Indonesia such as education, health, and infrastructure, but also becomes the largest investor and trading partner for Indonesia. To strengthen the cooperation between the two countries, meeting are widely conducted by both countries. Cooperation would be strengthened through shared innovation experts both countries in various areas to support economic growth in the future order to expand and enhance the beneficial relationship of both countries. These conditions support the citizens of Indonesia to be able to master a foreign language (especially Japanese) as a mean of communication in many areas given Japanese as a third foreign language internationally. The wide of Indonesia market seen, also has another attraction for Japanese investment, such as a lot of labours, diligent and responsive attitude in mastering technology, and Indonesia is considered as the most friendly to Japan compared to other countries in Asia. It is also to be the strongest factor of each student in country to be able to master Japanese language as entrepreneurs toward International global markets.

Keywords: entrepreneur, a choice, the cooperation, investments, mastering

Article Details

Section
Prosiding Humaniora
Author Biography

Nurul Laili, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Prodi Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Sastra

Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (UNIPDU) Jombang