Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgmi Di Unipdu Jombang

Main Article Content

Miftakhul Ilmi S.Putra

Abstract

Abstrak

Mata kuliah IPA bagi para mahasiswa PGMI di Unipdu Jombang merupakanmata kuliah yang memiliki kesulitan untuk dipelajari.  Akibatnya mahasiswa selama mengikuti pembelajaran tidak termotivasi untuk mengemukakan pendapat dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Hal ini merupakan tantangan bagi dosen sains  untuk mencari solusi bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi bermakna dan mahasiswa dapat mengikuti dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan prosesdalam meningkatkanhasil belajarmahasiswa.  Sampel penelitian adalah mahasiswa Semester 6 Program Studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), Unipdu, Jombang.  Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Mei 2012 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses, ketuntasan individual mahasiswa mencapai 100%. Rata-rata proporsi jawaban benar dari mahasiswa sebesar 94%.

Kata kunci:keterampilan proses, hasil belajar, mahasiswa

 

Abstract

Science classes are considered as difficult subject.  As a result, students are not motivated to express their opinions and critical thinking during their classes. The condition, therefore, requires science teachers to find a solution to deliver meaningful learning activities in friendly environment. This study was aimedtoinvestigatethe influence ofscience learning with process skillsapproachto improvestudent’sachievement. Students of 6th semester majoring in PGMI, Unipdu, Jombang, were subjected with the tested learning method. The study was conductedinMarch-May2012 with experimental method.  Students’ performance was assesed through cognitive tests, observation, andinterviews. Results ofthis study indicatethat science learning with process skillsapproachto improve students achievement.  After administered with the learning method, 100% of the students were able to master the learning materials.  The average of the correct answers by students was 94%.

Kata kunci: process skills, learning achievement, students.

Article Details

Section
Prosiding Pendidikan
Author Biography

Miftakhul Ilmi S.Putra, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum)

Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang