Rancang Bangun Sistem Informasi Bursa Usaha Santri Dan Alumni Pesantren Berbasis Web (Studi Kasus Di Pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang)

Main Article Content

Zainal Muttaqin
Yosi Agustiawan

Abstract

Abstrak

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan berbasis islam di Indonesia yang berbentuk kompleks. Meskipun terpisah dari kehidupan sekitarnya, pesantren diakui sebagai subkultur dalam masyarakat, sehingga peran nyata pesantren dalam menyelesaikan permasalahan bermasyarakat sangat dibutuhkan, termasuk dalam hal ekonomi dan bisnis. Kekuatan terbesar pesantren dalam menggerakkan roda perekonomian adalah pada kuatnya ikatan santri dan alumni, terbukti dari terbentuknya berbagai organisasi santri dan alumni di berbagai daerah. Organisasi-organisasi ini kemudian dapat dijadikan sebagai jejaring bisnis yang tangguh. Bursa Kerja Santri dan Alumni berbasis web merupakan media komunikasi antara pesantren, santri, dan alumni. Disamping menyediakan data santri dan alumni, muatan terpenting dalam website tersebut adalah informasi tentang usaha yang dimiliki dan/atau pekerjaan yang digeluti. Sehingga dapat menjadi rujukan masing-masing pengguna untuk memulai dan mengembangkan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototyping Method melalui pendekatan Throw-Away, yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan pelanggan, memodelkan proses, merancang database, melakukan pengkodean, melaksanakan pengujian dan penerapan. Bursa Kerja Santri dan Alumni secara tidak langsung dapat memberikan pendidikan kewirausahaan kepada santri, memperluas jejaring bisnis antar alumni dan antara santri dengan alumni, sehingga dapat memperkuat perekonomian melalui sektor riil.

Kata Kunci : pesantren, santripreneurship, komunikasi bisnis

 

Abstract

Pesantren is one of the Islamic-based educational institutions in Indonesia.  Pesantren is also a unique and complex institution. Although separate from surrounding community pesantren isrecognized as a subculture in society, so that the real role of pesantren in solving social problems is needed, including in economics and business. The most influential effect of pesantren in developing the economy is related to its strong bond between students and alumni, as evidenced by the formation of students and alumni organizations in various regions. The organization has developed as a powerful business network.  To optimize the network, therefore, a web based information system is essential in providing efficient and effective commucation media for students and alumni of the pesantren.  The ntework is also important in expanding the bussiness network for students and alumni as well as to provide entrepreneurial education to students and to strengthen the economy through the real sector.

Keyword: pesantren, santripreneurship, business communication

Article Details

Section
Prosiding Teknologi
Author Biographies

Zainal Muttaqin, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Jurusan Sistem Informasi Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (unipdu) Jombang

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Yosi Agustiawan, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Jurusan Sistem Informasi Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (unipdu) Jombang