Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Santri di Madarasah Diniyah Muzamzamah Chosyi’ah Asrama Putri XI Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang

Authors

  • Isatul Husna Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Mahmud Huda Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Keywords:

fasilitas, kedisiplinan, pembelajaran, santri.

Abstract

Madrasah adalah suatu lembaga yang begitu kental dengan ilmu agama maka perlu adanya hal baru dalam dunia pendidikan khususnya di Madrasah Diniyah Muzamzamah Chosyi’ah. Peneliti mengkaji pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kedisiplinan santri. Tujuan peneliti untuk Untuk mengetahui fasilitas pembelajaran di Madrasah Diniyah Asrama Putri XI Muzamzamah Chosyi’ah Darul ‘Ulum Jombang,Untuk mengetahui kedisiplinan santri di Madrasah Diniyah Asrama Putri XI Muzamzamah Chosyi’ah Darul ‘Ulum Jombang,Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kedisiplinan di Madrasah Diniyah Asrama Putri XI Muzamzamah Chosyi’ah Darul ‘Ulum Jombang. Penulis memakai kuantitatif data dengan teknik pengumpulan data metode angket skala likert dan analisa product moment. Hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kedisiplinan santri di Madrasah Diniyah Muzamzamah Chosyi’ah dari hasil angket diketahui bahwa fasilitas pembelajaran di Madrasah Diniyah Muzamzamah Chosyi’ah berada dalam kategori memadai karena jawaban sangat setuju dari responden mencapai prosentase 31,5% dan kedisiplinan santri di Madrasah Diniyah Muzamzamah Chosyi’ah berada dalam kategori baik karena jawaban setuju dari responden mencapai prosentase 50,33%. Fasilitas pembelajaran di Madrasah Diniyah Muzamzamah-chosyi’ah berpengaruh terhadap kedisiplinan santri dengan koefisien korelasi 0,324 dengan sig 0,012 berada pada interval 0,20 – 0,399 temasuk pada kategori rendah.

References

Chojimah. 2011. Pengaruh Pemenuhan Fasilitas Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Kreatifitas Anak Kelas 1V di MI Nurul Ulum Tugusumberjo Peterongan Jombang Tahun Ajaran 2011. penelitian, Unipdu Jombang.

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori & Praktek. Bandung: Alfabeta.

Riwayati, Nur. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, dan Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Jurusan Atministrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. penelitian, Universitas Negri Semarang.

Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Abad Ke-20: Pergumulan Antara Modernisasi dan Identitas. Jakarta: Fajar Interpratama Off Set.

Published

2017-06-01

Issue

Section

Artikel